|

Obor Perdamaian Nusantara: Yogyakarta, Aceh, lalu Ambon

Minggu, 18 Maret 2012, Gerakan Seni Taruna Mataram (Genitama) dan Lingkar Muda Yogyakarta yang didukung oleh sekitar empat puluh lebih komunitas dari berbagai latar belakang  menyelenggarakan Pawai Budaya dan Obor Perdamaian.

Arak-arakan panjang menuju Monumen Serangan Oemoem 1 Maret ini menampilkan betapa keberagaman terpelihara dengan baik di daerah istimewa ini. Mereka yang turut ambil bagian dalam pawai budaya ini datang dari berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari komunitas budaya, organisasi keagamaan, pesantren, orang muda Aceh, orang muda Sumba,  kelompok Reog, komunitas sepeda, kampung-kampung di Yogyakarta, kelompok Raminten, komunitas Gusdurian, kelompok difabel, Jathilan, Barongsai, dan masih banyak lagi.

Setelah pawai budaya yang berlangsung semarak di sepanjang jalan Malioboro, berkumpulah semua komunitas beserta warga Yogyakarta di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret untuk mendeklarasikan Yogyakarta sebagai Kota Bertoleransi (Yogyakarta, The City of Tolerance)

Berikut Ikrar Jogja, The City of  Tolerance yang diikrarkan oleh ribuan orang dari berbagai daerah dan berbagai latar belakang budaya yang hadir saat itu.

IKRAR
JOGJA THE CITY OF TOLERANCE

Kami warga masyarakat Yogyakarta menjunjung tinggi keanekaragaman latar belakang budaya, ras, agama, status sosial, dan suku bangsa yang hidup di Yogyakarta

Kami warga masyarakat Yogyakarta menghormati segala perbedaan yang hidup dan tumbuh di tengah masyarakat

Kami warga masyarakat Yogyakarta akan selalu menjaga dan menjamin keberlangsungan toleransi dan mengutamakan dialog nir kekerasan untuk menyelesaikan setiap masalah

Usai ikrar, Obor Perdamaian Nusantara diserahkan dari Yogyakarta untuk diselenggarakan di Aceh, Agustus mendatang. Sebelumnya Obor Perdamaian Nusantara ini telah diarak juga di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Manado, Sulawesi Utara.

Setelah Aceh, Obor Perdamaian Nusantara akan dibawa ke Ambon, Maluku. Obor Perdamaian Nusantara merupakan semangat dan komitmen untuk perdamaian sejati  yang diprakarsai dan digerakkan oleh orang muda sebagai wujud keprihatinan terhadap maraknya aksi-aksi kekerasan di Indonesia.

* * *

Picture by Elvis Batsira dan Yoan Vallone

rental mobil ambon iklan300x50

Short URL: http://malukuonline.co.id/?p=2233

Posted by on Mar 22 2012. Filed under agenda, budaya, Highlights. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.
iklan300x50
iklan300x350 ----------------------------------- iklan300x350

Recently Commented