|

Para Pemandu Gunung Wujudkan APGI Maluku

Laporan: Rudi Fofid-Ambon

MALUKU ONLINE, 13 Maret 2017

Para pemandu gunung di Maluku menyepakati berdirinya Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Wilayah Maluku. Keputusan itu dibuat dalam pertemuan di Kafe Tampayang, kilometer Nol Kota Ambon, Kamis (10/3).

Pertemuan pemandu gunung juga menyepakati APGI Wilayah Maluku dipimpin Penanggung Jawab Bayu Udjur dan Koordinator Budi Herman. Sedangkan program yang akan dilaksanakan adalah sosialisasi APGI bagi pemandu gunung di Maluku dan sosialisasi APGI ke beberapa instansi terkait di Maluku seperti Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, BKSDA, Balai Taman Nasional Manusela.

Penanggung Jawab APGI Maluku Bayu Udjur menjelaskan kepada Maluku Online, pihaknya akan melakukan Bimbingan Tekhnis dan Sertifikasi Profesi Pemandu Gunung di Maluku.

Pendaki yang hadir dalam pertemuan di Kafe Tampayang tidaklah asing di kalangan pendaki di Maluku dan Indonesia. Mereka adalah Bayu Udjur (Founder & Guide Shelter Expeditions dan Bhoomi Indonesia, Guide di Indonesia Expeditions); Dadang Udjur (Guide Shelter Expeditions), Ali Hatapayo (Guide Shelter Expeditions), Budi Herman (Founder Peak Outdoor Service), Endi Husain (Guide Peak Outdoor Service), Ricky Matital (Founder ERS), Fauzan Umarella (Guide ERS), Fahmi Holle (Guide ERS) dan Rahman Tutupoho (Guide Freelance).

Menurut Bayu Udjur, APGI adalah salah satu organisasi berbadan hukum berbentuk perkumpulan yang mewadahi profesi Pemandu Gunung Indonesia. APGI bersifat perseorangan, profesional, non politik, terbuka dan mandiri. Dipaparkan, maksud didirikan APGI adalah menjadikan profesi pemandu gunung Indonesia sebagai pekerjaan profesional serta memiliki Standar Kompetensi tingkat nasional maupun internasional.

Bayu menjelaskan, tuntutan utama pemangku kepentingan gunung adalah pemenuhan pelayanan dalam hal keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi wisatawan, sekaligus menjaga kelangsungan kawasan pegunungan Indonesia. Hal ini timbul karena beberapa sejumlah faktor, yakni kebutuhan akan keberlangsungan kawasan gunung dan pegunungan; Industri pariwisata Indonesia yang terus tumbuh; Lingkungan bisnis yang makin kompetitif serta tuntutan industri yang makin tinggi; Tuntutan pemenuhan standar kompetensi sumber daya manusia dalam konteks wisata gunung; Pemberdayaan masyarakat lokal; Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dan Keberadaan praktisi pemandu gunung Indonesia dengan pengalaman yang panjang dan baik.

Bayu menambahkan, tujuan yang ingin dicapai APGI secara umum adalah mewadahi persatuan, komunikasi dan koordinasi Pemandu Gunung Indonesia; Meningkatkan kompetensi Pemandu Gunung Indonesia; Meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan jasa pemanduan gunung di Indonesia dan Memajukan kesejahteraan Pemandu Gunung Indonesia. (Maluku Online/foto APGI Maluku)

rental mobil ambon

iklan

Short URL: http://malukuonline.co.id/?p=6723

Posted by on Mar 13 2017. Filed under artikeL, berita terbaru, Maluku, pemuda. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.
iklan300x50
iklan300x350 ----------------------------------- iklan300x350

Recently Commented