Tentang Kami

maluku online logo

maluku online logo

Maluku Online adalah koran digital independen berbasis komunitas di Maluku dengan mengusung salah satu konsep jurnalisme moderen yaitu “citizen journalism”. Sebagian orang sangat familiar dengan citizen journalism, tetapi sebagian lagi masih asing. Sebab itu perlu dikemukakan bahwa citizen journalism adalah istilah yang lahir pada era 1980-an di Amerika, di mana ada kecenderungan bahwa tugas jurnalisme bukan hanya menjadi tugas profesional seorang jurnalis, namun masyarakat umum juga dapat terlibat melakukan tugas pewartaan.

Maluku Online adalah unik karena menerapkan citizen journalism dalam praktek jurnalistiknya. Mengapa? Citizen journalism yang diterapkan bukan hanya satu arah yang membuka peluang untuk masyarakat secara mutlak memiliki hak penuh sebagai pewarta sekaligus menerbitkan secara personal material informasi yang diperoleh dari kegiatan jurnalistik karena dapat membuka peluang kekacauan informasi,  kesalahan pemberitaan dan publikasi informasi secara sepihak. Di sini, Maluku Online berfungsi sebagai gate keeper yang menyaring semua informasi dari masyarakat pewarta yang melakukan kegiatan jurnalistik kemudian mengolah informasi dengan tetap mengedepankan standar jurnalistik, kode etik jurnalistik dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tanpa mengurangi independensi, maksud dan tujuan penyebaran informasi.

Maluku Online memiliki badan usaha resmi dalam bentuk Commanditaire Vennontschap (persekutuan komanditer) sebagai salah satu persyaratan memenuhi Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, Bab 1 Ketentuan Umum Pasal 1 Ayat 2 yang menjelaskan perusahaan pers harus berbadan hukum dalam menjalankan kegiatan jurnalistiknya.  Perusahaan pers kami secara umum bertindak sebagai payung hukum sekaligus motor penggerak dan menjalankan proses gate keeper.  Tujuan didirikannya badan hukum ini tidak semata-mata mencari keuntungan akan tetapi tujuan utama adalah melibatkan seluas-luasnya masyarakat di Maluku menjadi pewarta independen tanpa terikat dengan kepentingan apapun, sehingga kualitas kemurnian dan independensi informasi dapat menjadi muatan positif untuk bisa menciptakan perubahan lebih baik pada berbagai aspek kehidupan masyarakat di Maluku.

iklan300x50
iklan300x350 ----------------------------------- iklan300x350

Recently Commented